Pemko Tanjungbalai Dukung Pemkab Asahan Pulangkan 184 PMI dari Malaysia

Pemko Tanjungbalai

topmetro.news – Pemko Tanjungbalai mendukung sepenuhnya niat baik Pemkab Asahan untuk memulangkan 184 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan dari Malaysia. Bentuk dukungan ini disampaikan Walikota Tanjungbalai, Syahrial SH dalam rapat bersama Bupati Asahan, H Surya BSc dan Forkopimda di sekretariat gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Asahan, Rabu (3/6/2020).

Ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Asahan yang juga Bupati Asahan, H. Surya BSc mengucapkan terima kasih atas kehadiran ketua gugus gugas percepatan penanganan covid-19 Kota Tanjungbalai yang juga Walikota Tanjungbalai, H. Syahrial SH, Forkopimda dan instansi terkait lainnya.

Pemko Tanjungbalai dan Pemko Tanjungbalai Rapat Tata Cara Pemulangan PMI

Lebih lanjut, H. Surya mengatakan rapat yang dilaksanakan pada hari ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya tentang pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia. Rapat ini bertujuan untuk bertukar informasi dan bekerjasama tentang  tata cara pemulangan PMI yang telah dilakukan Pemko Tanjungbalai beberapa waktu yang lalu.

“Pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan dan pemulangan ini atas permintaan para PMI melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemkab Asahan dan gugus tugas”, kata H Surya.

Baca Juga: Pemkab Asahan Siapkan Rp26,8 M Percepatan Penanganan Covid-19

Pemkab Asahan akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan untuk proses pemulangan dan Pemkab Asahan juga telah membentuk tim koordinator lapangan yang berada di Malaysia. Dalam pemulangan PMI ini kita akan mengikuti protokol kesehatan agar berjalan baik sesuai harapan kita bersama. H. Surya berharap kepada seluruh unsur yang tergabung dalam tim gugus tugas Asahan, Tanjung Balai, Forkopimda dan instansi terkait lainnya dapat membantu pemulangan PMI ini.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0208/AS,  Letkol Sri Marantika Beruh, Kajari Asahan, Rahmat Purwanto SH. Danlanal TBA, Letkol Dafris mendukung sepenuhnya pemulangan PMI Asal Asahan ini.

Harus Melengkapi Administrasi

Walikota Tanjungbalai, Syahrial SH menyampaikan dalam pemulangan PMI ini, Pemkab Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Sehingga nantinya dalam proses pemulangan para PMI tersebut tidak mengalami kendala, baik itu administrasi di Indonesia maupun administrasi di Malaysia.

Lebih lanjut, Syahrial berharap tim gugus tugas Asahan dan tim gugus tugas Tanjungbalai tetap melakukan koordinasi demi suksesnya misi kemanusiaan ini. Semoga niat baik Pemkab Asahan dalam pemulangan PMI ini berjalan aman, lancar dan secepatnya terwujud.

Sementara Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai/Asahan, Afrizal Tanjung STM, KKP Tanjungbalai, Lisdawati ST. MKes, Kasi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal Imigrasi Tanjungbalai, Imam Bahri SH. Forkopimda Asahan dan Forkopimda Tanjungbalai serta Sekda Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar SSos. MSi dan instansi terkait lainnya menyatakan siap mendukung Pemkab Asahan dalam pemulangan PMI dari Malaysia ke Asahan.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment